Sabtu, 07 Mei 2011

Laporan Komitmen dan Kontigensi

Komitmen

Merupakan suatu hubungan kontrak berupa janji yang tidak dapat dibatalkan secara sepihak dan harus dilaksanakan dengan persyaratan yang telah disepakati bersama.

contoh dari komitmen, yaitu :

  • Transaksi Valuta Asing Tunai (SPOT) Yang Belum Diselesaikan adalah jumlah transaksi valuta asing tunai yang belum diselesaikan pada tanggal laporan terjadi. Transaksi tersebut dilaporkan dalam laporan komitmen dan kontijensi dan dijabarkan ke dalam mata uang rupiah dengan menggunakan kurs tengah pada laporan.
  • Kewajiban Pembelian Kembali Aktiva Yang Dijual Dengan Syarat Repo adalah kewajiban bank untuk membeli kembali aktiva bank pada waktu tertentu yang sesuai dengan perjanjian. Transaksi ini merupakan komitmen kewajiban bank kepada nasabah dan harus disajikan sebesar harga pembelian yang disepakati bank dengan nasabahnya.

Kontinjensi

Merupakan laporan suatu kewajiban bagi bank untuk melaporkan besarnya kewajiban bersih atas seluruh transaksi komitmen yang telah dilakukan. Kontijensi yang dimiliki oleh suatu bank dapat berupa tagihan atau kewajiban.

contoh dari akuntansi kontinjensi, yaitu :
  • Pendapatan Bunga dalam Penyelesaian akuntansi perbankan khususnya yang menyangkut pendapatan bunga dari aktiva, bank akan berprinsip konservasi dalam arti sangat hati - hati.
  • Bank garansi yang diterbitkan oleh bank lain adalah bentuk jasa yang diterima oleh bank dengan mengakibatkan tagihan kepada pihak bank pinjaman, bila pihak yang dijamin melakukan pembatalan kontrak di kemudian hari.
sumber : http://pengter.blogspot.com/2010/06/akuntansi-komitmen-dan-kontinjensi.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar