Kamis, 30 September 2010

SIA (3)

SIA terdiri dari 3 kata, yaitu Sistem, Informasi, dan Akuntansi. Definisi dari masing-masing kata yaitu :

a) Sistem : sistem adalah himpunan bagian atau unsur yang saling berhubungan secara teratur / bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

b) Informasi : informasi adalah adalah data yang merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat terentu, kesatuan nyata (fact and entity) berupa objek nyata seperti tempat, benda, dan orang yang betul-betul ada dan terjadi. Dapat juga disebut sebagai data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.

c) Akuntansi : akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Dari ketiga kata tersebut dibentuklah kata Sistem Informasi Akuntansi (SIA) yang artinya suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak dalam perusahaan dan pihak ekstern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar